Daihatsu Charade

Daihatsu Charade adalah mobil Kompak produksi daihatsu kelahiran tahun 1977. masa peoduksi  tahun 1977 sampai tahun 2000 .

Daihatsu charade di indonesia dikenal sebagai mobil rakyat. karena hemat, tangguh, irit di rasakan sudah dapat memenuhi syarat sebagai mobil keluarga, Daihatsu charade juga kerap menjadi mobil pertama bagi keluarga muda yang memulai menggunakan kendaraan roda empat sebagai kendaraan keluarga.

Daihatsu charade di bagi menjadi 3 (tiga) generasi (*di indonesia) yaitu G10, G11 dan G100. walau pun di tiap generasi nya terdapat beberapa sub generasi.

G10.

Daihatsu G10 di Indonesia dikelan dengan Daihatsu Charade XG, terbagi menjadi sub generasi 1977-1980 dengan chiri khas lampu bulat dan 1980-1982 dengan cirikhas XG lampu Kotak. bentuk bodi yang di peramping pada generasi kedua sangat terlihat jelas dimana pada generasi pertama G10 ini lebih kembung dengan banyaknya ornamen crome pada ditail body.

Charade-1977

Plus Minus

Plus

G10 mempunya plat body yang tebal tidak mudah keropos dibandingkan generasi berikutnya, body yang kokoh di dukung dengan Kaki kaki yang kuat membuat daihatsu Charade G10 masih banyak berkeliaran di jalan hingga saat ini. menggunakan mesin CB23 3(tiga) cylinder berkapasitas 993cc yang terkenal irit dan tangguh di topang dengan gearbox manual 4 percepatan membuat Daihatsu Charade G10 dapat mencapai 145 km/j bahkan lebih.

karena ketangguhannya tersebut daihatsu charade g10 sering dihunakan sebagai mobil rally pada masanya.

Minus

Karena usia yang sudah melebihi 30(tiga puluh) tahun membuat ketersediaan sparepart sedikit langka dipasar umum. bagi kebanyakan orang yang tidak tau sangat sulit mencari sparepart G10 ini sehingga sangat disayangkan Daihatsu charade G10 banyak yang di make over dari mulai bentuk, acesoris, interior Dll oleh pemiliknya karena susah untuk mencari sparepartnya, padahal banyak penyedia sparepart di kalangan komunitah, bahkan sebagian komunitas berani melakukan pemesanan barang barang / sparepart keluarnegeri.

G11

Daihatsu Charade G11 atau dikenal dengan Charade CS di Indonesia juga terdapat 2(dua) sub generasi, yaitu generasi lampu kotak yang sering di panggil sarang tawon dan generasi lampu sipit. G11 sering juga disebut dengan Charade Kotak, karena pada generasi ini daihatsu charade di dominasi olah garis garis yang bersudut pada bagian body, g11 lahir pada 1983-1988 pada tahun 1988 lahir juga g100 namun g11 turbo masih di produksi pada masa itu.

daihatsu_charade_detomaso_turbo

plus minus

Plus

G11 mempunyai plat body yang relatip lebih tipis dari generasi sebelumnya sehingga ringan dan membuat tarikan mesin semakin lincah

Minus

dikarenakan plat body yang lebih tipis dari generasi sebelumnya body mobil yang masih berkeliaran di jalan sudah banyak yang termakan usia. disamping itu juga struktur kaki yang sangat rentan membuat G11 kerap bermasalah pada kaki kaki terutama bagian knuckle. hal ini membuat harga sparepart tersebut melambung tinggi.

G100

G100 atau dikenal dengan CX atau Charade Kapsul dengan model membulat mengikuti disain moderen. pada generasi G100 terhitung mempunyai masa eksis yang cukup panjang yaitu 1988-1998. pada generasi G100 juga mulai dikenal daiharsu charade Classy dengan bentuk sedan, transisi dari mesin CB ke mesin HC dengan 4 cylinder berkapasitas 1300cc.

daihatsu-charade-g100_key_19

Plus Minus

Plus

disain body yang moderen menjadikan Charade CX masih digemari hingga saat ini interior yang nyaman sangat cocok sebagai mobil keluarga. disain kaki yang sudah independen membuat manuper semakin ramah untuk di kontrol

Minus

sering ditemukan masalah pada HUD

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s