Supercharger vs Turbocharger

banyak pertanyaan yang muncul apa bedanya supercharger dan turbocharger dan apa persamaannya serta dilanjutkan ke pertanyaan yangmana yang lebih baik diantara keduanya.

supercharger dan turbocharger adalah 2 jenis charger atau force induction (induksi paksa) pada mesin berpenggerak torak bakar. kata carger sendiri mempunyai makna “pengisi daya” dari sini kita bisa ambil kesimpulan bahwa kedua alat ini mempunyai kesamaan dalam fungsi, yaitu pengisi daya. dimana sebuah mesin yang dipasangi supercharger atau turbocharger dengan perhiitungan yang tepat maka diharapkan akan mendapatkan tambahan daya.

perbedaannya terletak pada mekanisme penggerak. jika turbocharger memanfaatkan gas buang pada exoush sebagaii pemutar turbin. sedangkan supercharger memanfaatkan putaran puli crankshaft yang disalurkan dengan sabuk (belt) sebagai tenaga pemutar

selanjutnya akan dibahas secara ditail.

1. supercharger.

supercharger hanya terdiri dari beberapa komponen, diantaranya

  • 2(dua) bilah kipas
  • 2(dua) buah gear yang saling berkaitan
  • pully
  • shaft/as
  • body

biasanya supercharger memiliki bobot yang lebih beat dibandingkan seterunya yaitu turbocharger. karena benruknya yang bongsor walaupun hanya terdiri darii beberapa komponen saya yang jauh lebih sedikit dari turbocharger

supercharger memanfaatkan putaran mesin yang disalurkan menggunakan belt sebagai tenaga pemutar untuk mendapatkan udara bertekanan, sehingga sedikit banyak kehadiran supercharger membebani putaran mesin.

secara hitungan tenaga yang dihasilkan supercharger memberikan tambahan daya yang sangat besar namun karena bobot yang berat serta cara kerja pemuta yang membebani putaran mesin tenaga bersh yang dihasilkan hanya sekitar 30% s/d 40%

karena putaran supercharger memanfaatkan putaan mesin maka supercharger sudah bekerja dari mesin mulai dihidupkan, bahkan dalam keadaan idle. sehingga penambahan daya sudah standby untuk digunakan secara spontan.

dengan katalain supercharger memberikan tambahan daya sejak putaran bawah, dengan hasil demikian biasanya supercharger cocok digunakan untuk mesinyang bekerja pada lintasan pendek dragrace, adventure offroad, wheelee contes, serta lintasan lintasan dengan tikungan pendek.

dikarenakan tenologi lama pemasangan supercharger terhitung sangat mudah (tidak serumit  pemasangan turbo)

2. Turbocharger

turbocharger terdiri dari banyak sekali komponen dital diantaranya adalam komponen fatal sebagai berikut

  • impeller turbine
  • impeller compresor
  • shaft/as
  • bushing/ball-bearing
  • body

turbocharger dinilai sangat tidak membebani kinerja mesin, selain bobotnya yang jauh lebih ringan dibanding supercharger, turbocharger juga tidak membebani puraran mesin dengan memanfaatkan  gasbuang pada exous sebaga pemutar impeller turbine yang terhubung dengan impeller kompreser oleh shaft/as dengan perbandingan 1:1

turbocharger memungkinkan memiliki putaran berkali lipat dari putaran mesin. karna itu dibutuhkan sirkulasi pelumasan yang baik sebagai pendingin shaft/as yang bergesekdengan bushing / ball – bearing yang berputar lebih dari 18000rpm.

karena tidak membebani kinerja mesin serta bobot yang ringan, tenaga yang dihasilkan turbocharger relatif sesuai(penambahan tenaga bersihh)

kelemahan turbcharger adalah, turbocharger akan mulai memberikan tambahan daya pada rpm tertentu, kerterlambatan itu disebut spooling, dengan begitu turbocharger baik digunakan dilintasan panjan dengan tikungan cepat sehingga diusahakan  pengguna tidak menurunkan rpm

 

petanyaan ke 3 tidak dapat dijawab tanpa adanya pariable tambahan misalnya dimana keduanyanya digunakan, untuk medan dan lintasan seperti apa karena masing masing mempunyai keuunggulan dan kelemahannya sendiri

 

salam trial and error

oss

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s