Cara Mudah Menurunkan compresi pada mesin

aneh memang dimana para mekanik mencoba bagaimana caranya menaikan kompresi agan tenaga bisa meningkat, dalam artikel ini saya mencoba berbagi bagaimana caara menurunkan compresi mesin dengan cara yang mudah..

kenapa compresi mesin harus turun? tentunya untuk keperluan keperluan khusus, dalam hal ini kompresi mesin diturkan karena untuk mengimbangi pemasangan supercharger atau turbocharger. dan biasanya pertanyaan kenapa kompresi harus turun saat pasang supercharger attau turbo itu menjadi bahasan terpisah dan akan sangatt panjang

langsung saja ke pokok pembahasan, bagaimana cara mudah menurunkan kompresi

  1. double paking /gasket

cara paling mudah dan murah adalah dengan double paking cylinder head. cara ini paling ampuh dan murah untuk menurunkan kompresi. dengan menggunakan gasket rangkap maka otomatis ruang bakar akan bertambah longgar setidaknya 1,5-2,5mm sesuai dengan ketebalan gasket..

sebagai contoh:

saya mempunyai mesin 3 cylinder dengan piston ber diameter 76mm dan ketebalan gasket 2mm

maka kita mempunyai tambahan ruang sekitar

3.14 x ((76/2) x (76/2)) x 2 = 9,68cc

9,68 x 3 = 27,204cc

hitungan kasar

  1. custom gasket tembaga

sama dengan menggunakan double paking/gasket, custom gasket juga memiliki prinsip yang sama yaitu menaikan ketebalan gasket. hanya metode ini lebih fleksible karena bisa memesan ketebalan yang kita inginkan.. tentunya sudah disertai dengan penghitungan yang matang

custom gasket tembaga yaitu dengan membentuk plat tembaga sesuaii dengan bentuk gasket. biasanya menggunakan bantuan tukang lasercutting, metode in juga sering dilakukan apaila gasket mesin yang dicari sudah langka atauu bahkan punah…

  1. coak piston

coak piston adalah metode mengurangi ketebalan permukaan piston maks 1mm

karena ketebalan permukaan piston rata rata 5-7mm

dengan menggunakan cnc agar hasil lebih presisi, jika menggunakan bubbut manual dikhawatirkan piston menjadi tidak seimbang

 

  1. porting polis bagian ruang bakar
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s